Get your own Digital Clock

Senin, 31 Oktober 2011

Saat Tidur Sebaiknya Pakai Bra Atau Tidak?



Beberapa sahabat mengatakan sebaiknya melepaskan bra saat tidur, dengan alasan kesehatan. Bagaimana dengan Anda?

Bra adalah salah satu pakaian yang fungsinya menyangga dan melindungi payudara saat beraktivitas. Untuk itu, ada berbagai macam bra yang diciptakan sesuai kebutuhan, untuk tampil dengan beragam busana, atau untuk melindungi payudara agar tak mengeluarkan air ASI terus menerus (pada saat menyusui). 

Karena fungsinya tersebut, semua wanita di dunia sangat membutuhkan bra dan menganggapnya sebagai piranti penting. Namun, terlepas dari itu, ada juga aktivitas yang dianggap tidak perlu disupport oleh bra.

Tidur dengan mengenakan bra atau tidak telah menjadi sebuah perdebatan menarik akhir-akhir ini. Ada yang berpendapat bahwa sebaiknya saat tidur bra harus ditanggalkan agar payudara dapat bernafas lega dan tidak terikat di balik bra. Ada pula yang berpendapat memakai bra adalah sah-sah saja, dan merasa dada tetap terlindungi serta masih dapat bernafas lega. Namun, sebaiknya bagaimana sih?

Seorang ahli dalam hal bra dan penemu Intimacy Boutiques, Susan Nethero serta Phil Haeck, MD, president of The American Society of Plastic and Reconstructive Surgeons, seperti dikutip dari Shine mengatakan bahwa, perkembangan payudara wanita 10 tahun terakhir mengalami kenaikan ukuran. Kini, payudara ukuran DD dan E semakin sering ditemui. Dan untuk itulah, bra sangat bermanfaat dan berperan penting dalam keseharian, termasuk saat tidur.

Menurut kedua ahli tersebut, bra memberikan rasa nyaman kepada wanita, terutama yang memiliki ukuran payudara besar, untuk tetap melindungi dan menyangga payudara. Demikian pula dengan mereka yang berpayudara mini, bra yang nyaman akan memberikan sokongan yang cukup agar payudara tetap pada tempatnya.

Untuk itu, Phil sangat menganjurkan agar dalam memilih bra haruslah disesuaikan dengan kebutuhannya. Saat pergi ke pesta misalnya, jika Anda membutuhkan penyangga yang cukup akurat, Anda bisa menggunakan bra berkawat dengan kualitas baik, sehingga dapat menyangga payudara tanpa harus menyakiti. Sedang saat tidur atau rileks, pilih bra dengan bahan nyaman, menyerap keringat dan tanpa kawat agar payudara tidak merasa sesak dan tertekan.

Bagaimana dengan mereka yang tidak mengenakan bra di malam hari?

Sebenarnya, hingga sekarang pun belum ada yang dapat membuktikan bahwa payudara bisa melorot bila tak menggunakan bra di malam hari. Semua tergantung pada kenyamanan seseorang. Bila ia lebih nyaman tak mengenakan bra di malam hari, maka hal tersebut boleh juga dilakukan. Sedangkan mereka yang nyaman mengenakan bra, harus tetap cermat memilih bra mana yang pas dan nyaman untuk payudara. 


Pakai Bra saat Tidur Cegah Payudara Kendur


Ingin payudara Anda tetap kencang dan tidak kendur, sekarang dan sampai tua nanti? Tirulah cara presenter TV Mariella Frostrup (48), yang selalu tidur dengan tetap mengenakan bra. Perempuan bersuara husky ini memang tetap dikenal dengan status simbol seks di usianya yang matang.

Rahasianya ini terungkap ketika Mariella diwawancara oleh majalah Easy Living. Dalam wawancara, host BBC Radio 4 dan Sky Arts ini mengaku sulit menghadapi proses penuaannya. "Ambisi saya supaya tidak mengalah dengan tekanan mitos kecantikan. Dalam pikiran rasional saya, kita tidak bisa tetap muda selamanya. Tapi memang, kadang-kadang saya menatap cermin dan berpikir, 'Ya tuhan, saya nggak percaya rahang saya bisa terlihat seperti ini. Setelah ini apa lagi?'" tutur Mariella.

Namun ibu dua anak ini lalu mengakui bahwa ia tetap berusaha agar penampilannya tetap menarik. Salah satunya dengan mengikuti saran mendiang Paula Yates, mantan pasangan Michael Hutchence (vokalis INXS), untuk selalu memakai bra ketika tidur. Kebiasaan ini lalu diterapkannya, dan sudah berlangsung selama 15 tahun terakhir.

Namun, kebiasaan Mariella mengenakan bra-nya 24 jam sehari ini mengundang perdebatan di kalangan pakar kesehatan. Para ahli terbagi ada yang setuju dan tidak setuju bahwa memakai bra sepanjang hari bisa mencegah proses penuaan secara alami. "Hal itu akan meminimalkan peregangan dan pengaruh gravitasi," kata dokter bedah plastik Douglas McGeorge, namun mengakui bahwa banyak perempuan yang merasa tidak nyaman bila harus tidur tanpa melepas bra.

Pandangan ini berbeda dengan pendapat Dr Elizabeth Vaughan, yang selama lebih dari 25 tahun menyarankan pasiennya untuk tidak memakai bra. "Payudara itu berisi jaringan getah bening, yang tidak bisa memompa seperti jantung. Gerakan dan tekanan membantu menghilangkan racun-racun  di sekujur sistem getah bening. Apapun yang memperlambat pembersihkan racun-racun ini akan meningkatkan risiko mengembangkan gejala-gejala atau penyakit. Bra yang membatasi gerakan payudara akan meningkatkan kemampatan. Memperlambat pembersihan racun-racun dari payudara juga akan meningkatkan jumlah perempuan yang terkena penyakit payudara," katanya.

Memang sedikit membingungkan, mana pendapat yang perlu diikuti. Namun seperti kata Grete Braughton-Smith, spesialis perawatan klinis di Breast Cancer Care, memakai bra atau tidak lebih merupakan pilihan pribadi, dan lebih karena kenyamanan saja daripada faktor lainnya. Grete mengatakan, beberapa perempuan, khususnya yang berpayudara besar, memang tak masalah dengan penggunaan bra siang-malam. Misalnya, selama kehamilan atau sesudah persalinan, pasiennya selalu disarankan untuk mengenakan bra ketika tidur, jika mereka merasa lebih aman.  "Ada juga kondisi yang tidak ideal untuk mengenakan bra pada saat tidur, namun yang penting diperhatikan adalah bawa mengenakan bra sepanjang waktu tidak meningkatkan risiko kanker payudara," tegasnya.

Jadi, Anda nyaman atau tidak kalau harus terus memakai bra sepanjang hari? Semuanya terserah Anda. Sekadar informasi, Marilyn Monroe pun diyakini mampu mempertahankan payudara indahnya yang berukuran 36D karena selalu mengenakan bra sepanjang waktu.


share

0 komentar: